1 Jun 2011

Telur ceplok air

Istilah keren buat telur ceplok ini adalah 'poached egg'. Karena telur diceplok tanpa minyak dan lemak sama sekali tetapi dengan air mendidih. Cara membuatnya juga sederhana. Didihkan air secukupnya dalam panci, bubuhi sedikit cuka. Cuka akan membuat putih telur lebih kenyal dan mengurangi aroma anyir.
Pecahkan telur ke dalam air mendidih dan biarkan selama 2-3 menit. Kalau perlu bisa lelehan putih telur bisa dirapikan dengan sendok. Angkat segera. Telur ceplok berbentuk bulat panjang dengan bagian tengah licin kenyal bisa langsung disajikan. Untuk penambah rasa biasanya ditaburkan merica dan garam.

Untuk mengatasi kerepotan, sekarang sudah banyak dijual sendok khusus antilengket untuk memasak telur ceplok ini. Hasilnya bentuk telur lebih rapi dan bagus serta mudah diangkat. Sedangkan untuk penyajian bisa ditaruh di atas roti panggang dan selembar smoked beef atau bacon. Sajian ini dikenal dengan nama Egg Benedict dan di Italia biasanya telur ini disajikan dengan taburan keju Parmesan yang diparut.

Agar hasilnya bagus, sebaiknya gunakan air yang cukup hingga telur terendam air. Sebaiknya jangan memasukkan telur sekaligus tetapi satu per satu agar bentuk telur lebih bagus dan matang merata. Sajikan atau makan saat telur masih panas karena jika sudah dingin tidak enak lagi rasanya.

http: www.detikfood.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar